-->

Perbedaan Butter, BOS (Butter Oil Substitute) dan Margarin

Dalam membuat kue salah satu bahan yang sering di gunakan yaitu butter, BOS dan Margarin. Untuk yang sedang belajar membuat kue biasanya sering bertanya apa perbedaan mentega, bos dan margarin?
Nah supaya lebih jelas nya kita bahas masing-masing bahan di bawah ini.

1. Butter / Mentega
Butter memiliki ciri warna kuning pucat, meskipun tidak jarang kita jumpai yang berwarna kuning tua. Warna yang dihasilkan tergantung pada makanan yang dikonsumsi oleh binatang yang susu nya di olah menjadi butter. Kandungan utama dari butter atau mentega yaitu lemak hewani yang berasal dari susu pasteurisasi dan berguna untuk membunuh bakteri patogen. Susu kemudian dikocok sehingga terpisahkan antara solid fat (butter) dan liquid fat (buttermilk).
Karena kandungan utama butter ini 80% susu jadi wanginya sangat khas dan rasanya lebih creamy dan lembut.
Biasanya ada dua jenis butter yaitu salted dan unsalted. Yang membedakan keduanya yaitu penggunaan garam. Garam merupakan bahan pengawet alami.Tak heran jika salted butter punya daya tahan lebih lama dibandingkan unsalted.

Contoh : anchor, gokden churn, wijsman, elle & vire, lurpark, blue triangle 


2. BOS (Butter Oil Substitute)
BOS atau biasa di sebut Butter Oil Substitute berbeda dengan butter ataupun margarin. Bahan utama BOS yaitu lemak nabati dan beta karoten tanpa ada tambahan air dan garam. BOS memiliki tekstur yang serupa dengan butter yaitu mudah meleleh pada suhu ruang namun lebih berminyak tapi tidak ada rasa susu atau creamy seperti halnya butter.
Karena kandungan bahan nya berbeda tentu aroma dan rasanya berbeda dengan butter. Secara fisik, BOS berwarna kuning pucat dan bertekstur lebih lembut daripada margarin dan memiliki rasa yang menyerupai aroma butter atau mentega. BOas terbuat dari lemak nabati, maka BOS kaya akan asam tak jenuh. Dan yang pasti harga BOS ini jauh lebih terjangkau karena tidak jauh berbeda dengan harga margarin. BOS rasanya mirip dengan butter karena kandungan air dan garam yang sedikit, sehingga BOS mampu menjadikan hasil akhir kue atau roti lebih lembut dan bercitarasa seperti menggunakan butter atau mentega, meski tidak 100 % mirip butter, namun cukup memuaskan. Kelebihan ini menyebabkan penggunaan BOS semakin meluas dan bisa dikombinasi dengan butter dan margarin.

Contoh : hollman, gold bullion, royal palmia, royal krone, mari gold, palmvita, filma butter oil substitute, butter subs


3. Margarin
Kandungan bahan utama margarin yaitu lemak nabati yakni minyak sayur yang di padatkan melalui proses hidrogenasi dan ditambahkan dengan bahan lain yaitu ; perisai, garam, beta karoten dan air.
Margarine memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan butter atau mentega.
Margarin mempunyai warna yang lebih kuning daripada butter atau mentega, karena adanya tambahan zat pewarna alami, seperti karotenoid. Aroma margarine juga berbeda dengan butter atau mentega, aroma butter lebih enak dari pada margarin. Margarin mempunyai daya emulsi yang bagus, sehingga mampu menghasilkan tekstur kue yang bagus. Untuk rasa margarin lebih asin daripada mentega bahkan yang salted butter pun.
Dan untuk harga margarin lebih terjangkau dari pada butter.

Contoh : blueband, palmia,, amanda, simas, forvita


Dari uraian penjelasan di atas ternyata masing-masing bahan tersebut berbeda terutama antara butter dan BOS.
Ketiganya terbuat dari bahan yang berbeda sehingga kue yang di hasilkan pun akan berbeda teksture dan rasanya.
Jika menginginkan kue dengan tekstur lembut, kita bisa menggunakan butter atau mentega dan BOS. Jika ingin kue yang lebih kokoh, kita bisa menggunakan margarin. Atau bahkan kita juga bisa mencampur mentega dengan margarin untuk mendapatkan hasil kue maksimal.


LihatTutupKomentar