-->

8 Jenis Tepung dan Kegunaannya Yang Wajib Kamu Ketahui.

Tepung sering kita butuhkan dalam kehidupan sehari hari bahkan kita tidak bisa menjauhi nya. Tepung merupakan bahan pangan yang berasal dari biji gandum maupun beras dan lainnya yang biasanya bahan bakunya dari nabati. Tepung biasanya digunakan untuk pembuatan mie, kue, roti, jajanan tradisional dan lain lain.


Ada berbagai macam varian dari tepung sesuai dengan kegunaannya yang wajib kita ketahui, supaya kita bisa menghasilkan makanan yang lezat dengan memilih tepung yang tepat.

1. Tepung Terigu
Tepung terigu mengandung banyak zat pati, yaitu karbohidrat kompleks yang tidak larut dalam air. Tepung terigu memiliki tekstur halus, juga elastisitas yang tinggi. Tepung terigu memiliki beragam jenis sesuai dengan tingkat proteinnya diantaranya ada tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, dan tepung terigu protein rendah.

a. Tepung terigu protein tinggi memiliki kandungan protein yang tinggi sekitar 11% hingga 13% bahkan lebih. Tepung protein tinggi ini biasanya di gunakan untuk pembuatan mie, pasta, donut, puff pastry dan roti. Tepung ini memiliki kandungan protein tinggi sekitar 11%-13% bahkan lebih.
Contoh : cakra, cakra kembar emas, golden eagle, komachi,, hime,, bogasari taj mahal, tali emas, bob's red mill.

b. Tepung terigu protein sedang, memiliki kandungan protein sekitar 8% hingga 10%. Tepung protein sedang ini biasanya digunakan untuk adonan bertekstur lembut dan mengembang seperti gorengan, kue tradisional, bolu atau aneka cake.
Contoh : segitiga biru, tulip, bola salju

c. Tepung terigu protein rendah, memiliki kandungan protein sekitar 6% sama 8% saja. Tepung ini sering digunakan untuk adonan yang renyah seperti kue kering, pie crust, atau short bread.
Contoh : kunci biru, lencana merah, kotobuki

2. Tepung Beras
Tepung beras berasal dari beras yang ditumbuk atau di giling. Tekstur dari tepung beras ini juga lebih halus dibandingkan dengan tepung ketan. Tepung beras tidak sama dengan pati beras yang dibuat dengan merendam beras dalam larutan alkali. Tepung beras tidak mengandung gluten seperti halnya pada tepung terigu sehingga dapat dijadikan pengganti dari tepung gandum bagi penderita intoleransi gluten. Tepung beras ini sering digunakan untuk pembuatan jajanan tradisional seperti kue mangkuk, kue talam, dan lain lain.

3. Tepung Jagung (Maizena)
Tepung ini termasuk golongan pati. Teksturnya sama seperti tepung terigu tapi warnanya lebih pucat. Tepung jagung ini sering digunakan untuk mengentalkan sup dan saus, atau biasa juga digunakan untuk pembuatan cream dan custard. Selain itu bisa digunakan sebagai bahan tambahan membuat cake dan puding supaya hasilnya lembut dan juga bisa digunakan untuk pembuatan kue kering supaya kue kering nya renyah.

4. Tepung Ketan
Tepung ketan terbuat dari beras ketan hitam atau putih yang ditumbuk atau di giling. Tepung ketan ini mempunyai efek kenyal dan liat dalam masakan. Cocok untuk digunakan dalam membuat kue tradisional seperti onde-onde, kue bugis, putri mandi, getas dan lain lain. Tepung ketan ini juga cocok dikonsumsi untuk penderita diabetes dan ibu yang sedang hamil karena mengandung vitamin B dan vitamin E.

5. Tepung Kanji
Tepung kanji biasa juga disebut tepung tapioka. Tepung kanji ini terbuat dari pati singkong, teksturnya yang licin dengan warna yang putih biasanya juga digunakan sebagai pengganti tepung maizena atau sagu dan mempunyai efek kenyal. Tepung ini juga memiliki sedikit kandungan protein. Tepung kanji ini sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan bakso, cimol, cilok, batagor dan pempek.

6. Tepung Sagu
Tepung sagu termasuk jenis pati. Tepung sagu terbuat dari bagian tengah pohon sagu atau aren. Bagian tengah pohon sagu dikeruk lalu dihaluskan dan kemudian dicampur dengan air. Tepung sagu memiliki karakteristik mirip dengan tepung tapioka dan biasanya sering digunakan untuk membuat bubur, pempek, kue bika ambon, dan juga kue sagu.

7. Tepung Gandum
Tepung gandum sering dikira sama dengan tepung terigu, padahal berbeda. Tepung terigu dibuat hanya dari daging gandum saja, sedangkan tepung gandum dibuat dari gandum utuh. Tepung gandum adalah tepung yang terbuat dari gandum utuh yang digiling hingga lembut. Memiliki tekstur yang kasar dan warna lebih coklat daripada tepung terigu dan tepung jenis lainnya. Tepung gandum ini lebih menyehatkan daripada tepung biasa karena mempunyai banyak serat, vitamin, mineral, kalsium, dan protein.

8. Tepung Umbi
Tepung umbi adalah hasil olah an dari bahan ubi jalar, singkong, kentang atau lainnya yang dihaluskan dan di saring sehingga menghasilkan tepung. Tepung dari jenis umbi ada tepung ubi jalar dan tepung kentang.

a. Tepung Ubi Jalar
Tepung Ubi biasanya terbuat dari ubi jalar putih atau ungu. Biasa digunakan sebagai alternatif tepung terigu. Bisa untuk membuat bolu ataupun muffin

b. Tepung Kentang
Tepung kentang adalah kentang yang dihancurkan menjadi butiran tepung. Tepung tersebut kemudian dicuci dan dikeringkan menjadi bubuk. Tepung ini biasa digunakan sebagai bahan utama pembuatan roti kentang, donut kentang atau kroket.

Dari penjelasan diatas sekarang kita bisa mengetahui macam macam tepung dan kegunaannya sehingga kita bisa memasak atau membuat kue tanpa salah memilih tepung.

LihatTutupKomentar