-->

Resep Roti Sobek Kentang yang Lembut dan Enak: Resep Mudah untuk Pemula

Roti Sobek Kentang yang Lembut dan Enak: Resep Mudah untuk Pemula

Hai teman-teman! Kali ini kita akan membuat roti sobek kentang yang super lembut dan pastinya enak banget. Buat kalian yang suka ngemil atau mencari menu sarapan baru, resep ini wajib banget dicoba. Siap-siap ya, kita akan memanjakan lidah dengan roti sobek yang empuk dan wangi!



Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung protein tinggi
  • 50 gr tepung protein sedang
  • 50 gram gula pasir
  • 1 sdt vanila
  • 1 sdt ragi instant
  • 100 gr kentang yang sudah di kukus dan haluskan
  • 1 telur utuh + susu UHT (total 150 gr)
  • 35 gr butter
  • 1/4 sdt garam

Langkah-langkah Membuat Roti Sobek Kentang:

  1. Persiapan Awal: Campurkan tepung protein tinggi, tepung protein sedang, gula pasir, vanila, dan ragi instant dalam sebuah mangkuk besar. Aduk rata menggunakan spatula atau sendok kayu.

  2. Tambahkan Bahan Basah: Masukkan kentang yang sudah dihaluskan ke dalam campuran tepung. Kemudian, tambahkan telur dan susu UHT yang sudah dikocok sebelumnya. Aduk hingga semua bahan tercampur dengan baik.

  3. Menguleni Adonan: Uleni adonan dengan tangan atau menggunakan mixer dengan kecepatan rendah selama 10 menit. Setelah itu, tambahkan butter dan garam. Uleni lagi selama 15-20 menit sampai adonan elastis dan tidak lengket di tangan.

  4. Proses Fermentasi: Tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 10 menit.

  5. Membentuk Roti: Selanjutnya Bagi adonan menjadi 9 bagian sesuai selera. Bentuk bulat-bulat dan susun di atas loyang ukuran 22x22 yang sudah diolesi sedikit butter dan taburi tepung atau dialasi kertas roti.

  6. Fermentasi Kedua: Diamkan adonan selama 30 menit lagi hingga mengembang. Sementara itu, panaskan oven pada suhu 180°C.

  7. Panggang Roti: Panggang roti selama 16-20 menit atau hingga permukaannya kecokelatan. Angkat dan biarkan roti dingin sejenak sebelum disajikan.




Nah, gampang banget kan cara membuat roti sobek kentangnya? Hasilnya pasti lembut, enak, dan bikin ketagihan. Buat kalian yang suka bereksperimen, bisa juga tambahkan isian seperti keju, cokelat, atau selai buah agar lebih variatif.

Kalau kalian ingin melihat resep lainnya, jangan lupa cek channel YouTube kami di @thepawons. Di sana banyak banget resep-resep menarik lainnya yang bisa kalian coba di rumah.

Selamat mencoba dan semoga berhasil! Jangan lupa share pengalaman kalian membuat roti sobek kentang ini di kolom komentar. Happy baking!







































LihatTutupKomentar