-->

Chocolate Sourdough Sandwich Loaf

Kalau saat feeding sourdough banyak discard, saya mencoba untuk membuat sandwich loaf dengan memakai yudane (water roux). Saya searching ketemu blognya baking with gina yang judulnya latte sourdough sandwich loaf. Tapi saya mengganti latte dengan chocolate tapi ternyata menurut saya coklat dijadikan sandwich loaf rasanya kurang nendang. Memang harus nya saya mencoba pakai latte sesuai di resep. Jika memakai discard pastikan discard yang baru bukan beberapa hari di kulkas ya karena akan membuat roti menjadi terlalu asam nantinya. Hasil dari roti yang memakai water roux ini memang empuk dan di hari ke dua masih lembab lembut rotinya.

Sebelum membuat roti di malam hari saya siapkan water roux yaitu 25gr tepung dan diaduk dengan 25gr air panas. Setelah teraduk semuanya tutup dengan plastik wrap lalu masukkan kulkas semalaman atau minimal 3 jam 


Chocolate Sourdough Sandwich Loaf
By the pawons

Bahan :
200 gram sourdough atau fresh discard
230 gram tepung protein tinggi
50 gram water roux
100 gram susu uht
40 gram gula
4 gram garam
40 gram butter
2 sdt kopi bubuk saya memakai coklat bubuk ( aduk dengan 2sdt air panas)


Cara membuat :
1. Mixer semua bahan kecuali butter, garam dan coklat, sampai setengah elastis.
2. Masukkan butter, garam lalu mixer lagi, dan 2 menit sebelum kalis masukkan coklat.
3. Mixer lagi hingga kalis elastis, istirahatkan adonan 20 menitan lalu timbang dibagi 4 dan shaping. Saat shaping saya menambahkan chocochip di adonan sebelum di gulung. Cara timbang dan shaping bisa di lihat di video eggless sourdough bread di youtube the pawons atau di artikel sebelumnya.
4. Setelah shaping masukkan ke loyang ukuran 20x10x10 dan proofing selama kurang lebih 3 jam an. Dan roti siap di oven selama 25-30 menit suhu 180-190'c atau sampai matang.

Selamat mencoba
LihatTutupKomentar