-->

Roti Manis Pisang Chocolate

Membuat roti manis pisang, memakai resep dasar roti manis nya bu fatmah ncc. Rotinya lembut, kalau di resep memakai bread improver saya tidak pakai karena sudah memakai kuning telur yang cukup banyak, insyaAllah roti akan tetap lembut.

Untuk pisang saya memakai pisang raja yang di tumis dulu dengan sedikit butter.  Ini karena stock pisang raja tinggal sedikit jadinya setelah di tumis saya belah menjadi dua memanjang.

Kalau ada sisa pisang bisa juga loh bun kita buat Bolen Pisang yang enak dengan resep dari dianapawons.


Resep dasar roti manis ncc

Rebaked by the pawons

Bahan :
  • 500 gram tepung trigu protein tinggi
  • 100 gram gula pasir
  • 1/2 sdt vanilla butter
  • 11 gram ragi instant (1 sachet)
  • 4 kuning telur
  • 1/2 sdt bread improver (optional)
  • 200 gram susu/air putih

  • 100 gram butter
  • 1/4 sdt garam

Filling :
  • Pisang
  • Meisses coklat atau ganache

Topping : susu uht dan gula pasir


Cara membuat :
  1. Campur semua bahan kering ke dalam mixer, lalu tambahkan kuning telur dan susu sampai setengah kalis.
  2. Masukkan butter dan garam lalu mixer kembali hingga kalis elastis.
  3. Diamkan adonan hingga mengembang 2x lipat sekitar 40 menit.
  4. Lalu kempiskan adonan dan timbang sesuai selera. (Saya timbang @55gr .
  5. Bulatkan adonan lalu bentuk adonan sesuai keinginan. ( saya bentuk sesuai di foto ).
  6. Proofing hingga mengembang 2x lipat atau kurang lebih 1 jam.
  7. Beri polesan susu dan taburi dengan gula pasir lalu oven suhu 180-190 selama 12 menit.
  8. Setelah keluar dari oven olesi dengan butter. Tunggu dingin baru kemas.

Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar