-->

Resep Cara Membuat Chiffon Pandan Ketan Hitam

Saya paling suka nyemil chiffon karena lembut dan ringan. Nah ketan hitam dibuat chiffon ternyata enak banget. Khas dari tepung ketan yang berpasir itu saya suka sekali dipadu dengan pandan sangat cocok sekali.

Memang membuat chiffon butuh kesabaran karena proses memanggang yang lama dan setelah keluar dari oven juga harus di balik dan dinginkan disuhu ruangan baru bisa di keluarkan dari loyang nya.

Untuk resep saya pakai yang beredar di ig tintin reyner dengan modifikasi saya.

Chiffon Pandan Ketan Hitam

Bahan pandan :
30 gram minyak sayur
60 gram susu uht
1 sdm pasta pandan
10 gram gula halus
65 gram tepung trigu protein sedang
4 kuning telur

Mix semua bahan mulai dari mencampurkan minyak, susu dan pasta pandan lalu gula halus, trigu dan terakhir kuning telur. Aduk pakai wisk saja sampai rata lalu sisihkan.

Bahan ketan hitam :
30 gram minyak sayur
65 gram susu
10 gram gula halus
45 gram tepung ketan hitam
30 gram tepung protein sedang
1/4 sdt vanilla bubuk
4 kutel

Mix semua bahan menggunakan wisk mulai dari minyak, susu, gula, tepung, vanilla dan telur sampau tercampur rata lalu sisihkan.

Bahan maringue :
7 putih telur
140 gram gula halus
1/2 sdt cream of tar (bisa diganti air lemon)
Seujung sdt garam.

Mixer mulai dari kecepatan rendah hingga stif peak lalu bagi adonan menjadi 2 dan campurkan ke adonan pandan dan ketan hitam. Nah setelah tercampur rata masukan kan selang seling ke loyang chiffon ukuran 22 yang sudah di panaskan di oven terlebih dahulu. Lalu oven 170'c 20 menit lalu keluarkan slit atas nya menjadi 6 lalu oven kembali suhu 140'c selama 50 menit (sesuaikan oven masing2).



LihatTutupKomentar