-->

Resep dan Cara Membuat Lotek Yang Enak dan Mudah

Lotek adalah salah satu makanan khas Indonesia yang sangat populer di berbagai daerah. Makanan ini terdiri dari sayuran yang diiris kasar dan dicampur dengan saus kacang yang khas, membuatnya menjadi hidangan yang menyegarkan dan sangat lezat. Jika Anda ingin mencoba membuat lotek di rumah, berikut ini adalah resep dan cara membuat lotek yang mudah dan enak.


Bahan-bahan:

  • 300 gram kacang tanah
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 3 buah cabai merah, buang bijinya dan iris halus
  • 2 sendok makan gula aren
  • 1 sendok makan air asam jawa
  • 1/4 sendok teh garam
  • 300 gram sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kol, wortel, dan selada

Cara membuat:

  1. Panggang kacang tanah di atas panci atau wajan dengan api sedang sampai berwarna kecoklatan. Angkat dan biarkan dingin.
  2. Haluskan kacang tanah dengan blender atau ulekan hingga halus.
  3. Tambahkan bawang putih, cabai merah, gula aren, air asam jawa, garam. Aduk rata.
  4. Siapkan sayuran segar seperti kacang panjang, tauge, kol, wortel, dan selada. Iris kasar atau potong-potong.
  5. Campurkan sayuran segar dengan saus kacang. Aduk rata.
  6. Sajikan lotek di atas piring dan nikmati dengan kerupuk atau emping.

Lotek adalah hidangan yang sangat cocok disajikan saat acara kumpul-kumpul bersama keluarga atau teman-teman. Hidangan ini juga cocok sebagai menu pembuka sebelum makan berat. Anda bisa menyesuaikan bahan-bahan sayuran dengan yang Anda suka atau yang tersedia di dapur Anda.

Selain menggunakan sayuran segar, lotek juga bisa dihidangkan dengan tambahan telur rebus atau tahu goreng sebagai tambahan protein.



Lotek adalah makanan yang cukup mudah dan cepat dibuat. Anda bisa menyiapkannya dalam waktu kurang lebih 30 menit, tergantung pada jumlah bahan yang Anda gunakan. Namun, pastikan Anda menggunakan bahan-bahan yang segar dan berkualitas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Lotek juga sangat cocok bagi mereka yang ingin mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Sayuran yang digunakan pada lotek kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kacang tanah yang menjadi bahan utama saus kacang pada lotek kaya akan protein nabati dan asam lemak tak jenuh yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Demikianlah resep dan cara membuat lotek yang mudah dan enak. Selamat .

LihatTutupKomentar