-->

Bubble Bread ( Sourdough Potato Soft Bread )

Lagi ikutan yang kekinian, roti yang sedang viral bubble bread. Disini saya pakai metodhe sourdough saya pakai resep dari blog nya Bake With Paws dengan sedikit modifikasi dari saya. 

Untuk membuat bubble bread dengan bentuk segi lima memang perlu hati hati biar hasilnya cantik. Mengukur jarak nya satu dengan yang lain agak susah ya. Disini saya kasih jarak sekitar 1cm dan setelah final proofing kira kira sudah mengembang 90% baru saya oven.




Sourdough potato bubble soft bread
By The Pawons

Bahan sweet stiff starter :
60 gram starter
75 gram air
30 gram gula
180 gram tepung protein tinggi
*Aduk semua bahan dengan hand mixer sampai menyatu lalu resting selama 3-4 jam atau mengembang 3x lipat.




Bahan adonan :
Semua sweet starter
  • 140 gram tepung protein tinggi
  • 140 gram kentsng kukus yang sudah dihaluskan
  • 20 gram gula pasir
  • 30 gram susu bubuk
  • 1 sdt vanila bubuk
  • 5-10 gram air
  • 50 gram butter
  • 1/4 sdt garam




Cara membuat :
  1. Campur semua adonan kecuali butter dan garam. Mixer sampai menggumpal lalu tambahkan butter sedikit sedikit Dan juga garam.
  2. Mixer sampai kalis elastis lalu pindahkan ke mangkuk yang sebelumnya sudah diolesi minyak. Proofing kurang lebih 30-60 menit.
  3. Potong dan timbang masing masing 10 gram sejumlah 37 pcs. Lebihnya saya timbang 50 gram buat roti manis.
  4. Rounding dan susun di Loyang berbentuk segilima lalu proofing kurang lebih 3 jam.
  5. Beri olesan susu dan topping wijen selang seling seperti di foto.
  6. Oven selama 12-14 menit api atas bawah 180-200'c.
  7. Setelah matang keluarkan daei oven dan oles dengan butter.

Roti ini lembut dan enak sekali. Selamat mencoba ya.
LihatTutupKomentar