-->

Hal Yang Perlu Diperhatikan saat Membuat Kue Bolu Supaya Mengembang dan Anti Gagal.

Bisa membuat cake atau kue bolu sendiri merupakan hal yang menyenangkan, apa lagi di dukung dengan hasil kue bolu nya yang mengembang cantik. Untuk pemula mungkin ada beberapa kendala saat membuat cake atau kue bolu. Kendala yang di hadapi mungkin bolu nya jadi bantat, mimpes atau tidak lembut dan keras. 
Membuat kue mungkin menjadi hobi sebagian orang bahkan menjadikan nya sebagai ladang penghasilan. Dan pastinya juga sudah banyak macam macam kue yang di hasilkan seperti, brownies kukus, cake lapis, marmer cake, bolu kopi, dan lain lain. 


Supaya mendapatkan kue yang enak dan cantik perlu diperhatikan cara proses pembuatan yang benar. Kue yang enak adalah kue yang mempunyai tekstur lembut dan rasa manis nya pas.Jika kue gagal artinya ada yang salah dalam proses pembuatan nya. Nah supaya kue tidak bantat dan mengembang cantik mari kita simak rangkuman yang saya ambil dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi.

1. Alat Yang Digunakan
Gunakan alat bersih dan kering. Sebelum membuat kue sebaiknya wadah dan alat alat di cuci terlebih dahulu dan di keringkan, pastikan tidak ada lemak atau air yang menempel di wadah. Wadah atau alat yang basah biasanya menyebabkan kue tidak mengembang.

2. Bahan Yang Digunakan
Sebelum Membuat kue kita harus menyiapkan bahan terlebih dahulu, dan pastikan bahan yang akan kita gunakan bersuhu ruang. Beda lagi jika kita ingin membuat roti yang bisa memakai suhu dingin atau kulkas. 
Untuk membuat cake atau bolu harus menggunakan bahan yang bersuhu ruangan termasuk juga telur. Karena telur saat dingin akan sulit mengembang saat di kocok. Begitu juga dengan mentega dan margarin, setelah di lelehkan tidak boleh di tuang dalam keadaan panas, tunggu dia hangat atau suhu ruang. 
Untuk membuat cake bolu biasanya di butuhkan bahan pengembang. Bahan pengembang yang biasanya di gunakan antara lain baking powder, baking soda, dan cake emulsifier. Bahan 'raising agent' ini selain mengembang kan adonan juga bisa membuat kue lebih lembut.

3. Meleleh kan Mentega atau Margarin
Meleleh kan butter atau margarin tidak perlu lama, hanya cukup sampai meleleh saja, jangan sampai warnanya butter berubah menjadi bening. Setelah hangat atau suhu ruang langsung tuang ke kocok an telur dan tepung.

4. Mencampur Bahan
Perhatikan saat mencampurkan bahan, saat menuang tepung ke adonan telur sebaiknya di lakukan dengan perlahan dan bertahap sambil di ayak, supaya tidak ada gumpalan. Begitu juga saat mencampur kan mentega atau margarin leleh, campurkan sedikit dulu setelah tercampur baru tuang lebihnya. Pastikan mentega atau margarin menyatu dengan adonan telur dan tepung. Karena jika tidak menyatu akan ada endapan dan kue akan bantat. Selain itu pastikan berat bahan sesuai dengan takaran di resep, gunakan timbangan digital atau timbangan kue supaya berat sesuai resep.

5. Mengocok Adonan
Hal penting lainnya yang perlu di perhatikan yaitu saat mengocok adonan telur, gula dan emulsifier. Sebaiknya menggunakan mixer dengan kecepatan rendah dulu, beberapa menit kemudian baru naik kan kecepatan tinggi supaya adonan bisa mengembang dan kokoh. Biasanya waktu mengkocok adonan kue bolu dengan emulsifier di butuhkan kurang lebih 7-10 menit. 

6. Atur Temperatur Oven
Saat mau memanggang kue atau mengukus kue sebaiknya kita panaskan oven atau kukusannya terlebih dahulu. Biasanya saya memanaskan 10 menit sebelum kue masuk oven, tujuan nya supaya adonan bisa langsung mengembang saat di masukkan oven. Jangan lupa juga untuk mengatur suhu oven sesuai cake yang di buat karena suhu saat memanggang bolu, chiffon ataupun roti itu berbeda. Saat kue di dalam oven sebaiknya pintu oven jangan sering di buka tutup karena menyebabkan kue gagal mengembang dengan sempurna. Sedangkan untuk mengetahui apakah kue sudah matang atau belum bisa di tes dengan menusukkan tusuk gigi atau tusuk sate ke tengah kue, jika tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi artinya kue sudah matang sempurna.
 
Demikian tips membuat kue bolu anti gagal dan anti bantat. Membuat cake bolu memang harus memperhatikan stepnya secara detail supaya tidak gagal. Untuk mencoba nya anda bisa menggunakan resep marmer cake yang sudah saya share di youtube dan di blog ini .  Selamat mencoba.

LihatTutupKomentar