-->

Cara Membuat Sambal Pecel Ponorogo

Makanan khas dari daerah jawa timur yaitu sambal pecel. Hampir semua kota di sana menawarkan pecel dengan ciri masing masing. Saya mau bicara yang di kota ponorogo, karena ini menu seharian saya waktu kecil. Mau buat makan pagi, siang, sore ataupun malam enak saja. Kalau sambal pecel di ponorogo kacang dan bumbu nya di sangrai, lalu tidak memakai bahan kencur. Resep yang saya bagi ini biasa buat saya jualan karena saya di rantau jadi saya susah menemukan rasa yang pas jadi saya sering buat sendiri sekalian untuk dijual. Untuk menggiling bumbu saya menggunakan food prosesor tapi dalam jumlah banyak harus menggunakan gilingan.

Sambal Pecel Ponorogo

By the pawons

Bahan :
  • 500 gram kacang
  • 200 gram gula aren 
  • 90 gram cabe keriting kalau pedes
  • 6 cabe rawit
  • 3 butir bawang putih
  • 6 lmbr daun jeruk buang tengah nya
  • 2 Buah asam jawa buang isiannya
  • 45 gram garam

Cara Membuat :
  1. Sangrai kacang lalu kupas kulitnya dan giling atau bisa pakai food prosesor.
  2. Sisir hingga halus gula aren sisihkan.
  3. Sangrai cabai dan bawang putih
  4. Giling semua bahan menjadi satu, setelah di giling aduk manual menggunakan sendok supaya lebih tercampur rata atau pakai tangan jangan lupa kalau pakai tangan gunakan sarung tangan.

Selamat mencoba!

LihatTutupKomentar