-->

Ayam Betutu



Indonesia mempunyai beragam budaya dan juga kuliner nya. Hampir setiap daerah mempunyai makanan khas dengan berbagai aneka rempah rempah sehingga tercipta rasa yang lezat.
Well..... Niatnya saya pergi ke pasar deket rumah untuk membeli pisang buat cemilan baby k dan saya melihat ada ayam kampung utuh tinggal satu pula. gak pikir lama langsung ambil deh soalnya dari kemarin kemarin sudah pengen banget masak ayam betutu yang tentunya resep ini berasal dari bali. Selain dapat bahan utama ayam kampung saya juga membeli bumbu dapur dan juga daun singkong untuk di isi ke perut ayam nya biar ayam setelah di masak tetep keliatan besar dan berisi hehehe selain itu daun singkong juga berasa lebih enak karena tercampur dengan kaldu alami dari daging ayam itu sendiri. Sebenarnya untuk isi perut ayam biasanya memakai daun elimbing wuluh tapi karena urgent dan di pasar tidak ada saya ganti dengan daun singkong sekalian biar produksi asi lancar hohoho..... 
Langsung saja nih dari pasar bersihkan ayam lalu saya taburin perasan air jeruk nipis kasih garam dan lada bubuk sisihkan.


Sementara saya merebus daun singkong saya siapkan bumbu halus nya sbb :
  • 1 genggang cabe merah besar
  • 10buah bawang merah
  • 4 bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1 ruas jahe, kunyit dan kencur
  • 1 trasi yang sudah di bakar
  • 1sdt garam
  • 1sdm gula merah 
Bumbu halus tersebut di tumis dengan minyak sampai matang atau baunya harum, dan masukkan irisan daun jeruk dan serai yang di iris tipis sebelum bumbu diangkat. Jangan lupa ya untuk mencicipi bumbu nya sekiranya kurang garam atau gula disesuaikan dengan selera masing masing hehehe...
Bagi dua bumbu halus tadi yang satu buat olesan ayam nya dan yang satu di campur dengan daun singkong yang sudah di rebus dan di iris kasar.


Tusuk ayam dengan garpu biar nanti bumbu bisa meresap, lalu oles merata bumbu nya dan masukkan daun singkong ke dalam perut ayam. Bungkus dengan daun pisang karena saya gak ada daun pisang jadi nya pakai alumunium foil saja :) lalu kukus selama satu setengah jam ( saya pakai presto kira2 45menit setelah panci presto mendesis ). Setelah agak dingin dalam keadaan masih terbungkus masukkan ayam ke dalam oven, panggang selama 10-15 menit dengan suhu 200'c.


Walla.... Inilah penampakan ayam betutu isi daun singkong, bon appetit..
LihatTutupKomentar